Spot Snorkeling Ujung Kulon

Senin, 12 Desember 2016

Spot Snorkeling Ujung Kulon


















Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa.

2/3 Negeri kita Indonesia adalah lautan yang dianugerahi keanekaragaman hayati tertinggi didunia, tidak heran hampir semua jenis terumbu karang dan ikan didunia ada di Negeri tercinta kita ini. Terumbu karang menjadi habitat penting bagi ikan, terumbu karang yang sehat (pada suatu kawasan bentang laut) bisa menghasilkan 3-10 ton ikan per kilometer persegi per tahun. Karang dan mangrove merupakan lumbung pangan ikan nasional yang menyumbang sekitar 57-60% sumber asupan protein hewani bagi rakyat Indonesia.

Terumbu Karang di Indonesia juga menjadi incaran para diver mancanegara untuk diteliti atau hanya sekedar mengaguminya, beberapa lokasi terumbu karang yang sudah sangat populer dikalangan mancanegara adalah Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Kepulauan seribu, Tulamben Bali, dan Wakatobi.

Saat ini wisata air sedang menjadi trend bagi wisatawan didalam negeri baik aktivitas snorkeling, freediving, dan diving, hampir semua kalangan memburu tempat-tempat wisata yang berhubungan dengan keindahan alam bawah air.

Beberapa lokasi wisata air yang sangat ramai diburu wisatawan dalam negeri adalah Kepulauan seribu, Pahawang, Krakatau, Ujung Kulon, bali dan Lombok. Sebenarnya masih banyak lagi namun lokasi diatas cukup mudah dijangkau dari jakarta sehingga bagi wisatawan yang bekerja dan tidak ingin mengambil cutinya jadi memanfaatkan saat weekend mereka bersama kolega, kerabat atau teman dekat, karena hal tersebut lokasi-lokasi diatas selalu ramai pengunjung setiap minggunya.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan satu-satunya lokasi habitat alami Badak Jawa di Indonesia, banyak peneliti dan pengamat yang datang dari dalam dan luar negeri datang hanya untuk bisa bertemu dengan satwa yang sudah hampir punah ini. namun disisi lain Ujung Kulon juga memiliki taman bawah laut cukup lengkap dengan jenis terumbu karang yang hidup didalamnya. Dengan kedalaman yang beragam para pecinta kegiatan snorkeling, freedive, dan diving sering menjajal tempat ini.
Bagi diver yang masih baru mencoba (pemula) tidak disarankan untun diving disini
Untuk pecinta kegiatan snorkeling dan freediving laut Ujung Kulon menyajikan beberapa spot yang sangat indah untuk kegiatan ini, dan sangat aman bagi para pemula.
Berikut beberapa spot snorkeling yang wajib dikujungi ketika anda berunjung ke Ujung Kulon:

1. Legon Sumino

spot-snorkeling-ujung-kulon

Spot yang satu ini berada dekat dengan garis pantai pulau Peucang, ketika air laut pasang kedalaman rata-rata 1-2 meter dengan air yang jernih. karena dekat dengan pantai pulau Peucang anda bisa datang tanpa perlu kapal untuk mengantar, hanya dengan menyusuri pantai pulau Peucang dan berenang sekitar 20-30 meter anda sudah bisa menikmati taman bawah laut ini dan berfoto dengan si ikan Badut Nemo.

snorkeling-ujung-kulon

Selain cukup aman bagi anda yang belum pernah snorkeling dan ingin mencoba disinilah tempatnya, dijamin setelah anda mencoba meyeburkan diri dan melihat aneka terumbu karang dan berbagai jenis ikan-ikan karang yang berwarna warni didalamnya anda akan betah untuk berlama-lama disini.

2. Ciapus

spot-snorkeling

Berada diantara pulau Jawa dan pulau Peucang spot yang satu ini juga tidak kalah mengagumkan, kedalaman rata-rata 2-5 meter dengan ikan karang yang tidak kalah banyak dan beraneka ragam tetapakan membuat anda betah untuk berlama-lama, apalagi bagi para penggiat freedive sudah pasti ingin terus menjajal kemampuan menahan nafas berlama-lama didalam air untuk menjangkau terumbu karang yang berada bawahnya.

3. Pulau Badul

pulau-badul-ujung-kulon

Pulau Badul merupakan pulau yang sagat kecil sehingga tak berpenghuni, pasir putih dan beberapa pohon yang tumbuh menjadi pemandangan khas pulau cantik ini.

Ada 2 spot snorkeling disekitar pulau ini, spot dalamfoto diatas tidak jauh berbeda kedalamannya dengan spot snorkeling Ciapus, namun yang menarik spot ini dipenuhi terumbu karang hingga ke bibir pantai di sebelah utara pulau Badul. karena asiknya mengamati pesoan bawal laut terkadang kita tidak sadar sudah berada ditepi pantai.

spot-snorkeling-badul

Disebelah selatan pantai pulau Badul menjadi tempat penanaman terubu karang oleh TNUK, ada bisa melihat rangkaian kotak-kotak terumbu karang yang ditanam.
LOkasi ini biasa menjadi spot terakhir dari kegiatan wisata di Ujung Kulon sebelum kepulangan. Anda memang tidak melihat terumbu karang yang tumbuh alami disini tapi anda akan melihat patung Badak Jawa yang sengaja di taruh sebagai ikon Taman Nasional Ujung Kulon, bukan hanya patung beberapa bentuk seperti meja juga ada didalamnya, dengan sedikit menahan nafas dan menyelam anda bisa berfoto dengan patung Badak yang hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

Berwisata di Ujung Kulon memang sangat lengkap dan padat ilmu pengetahuan. Berlibur di Ujung Kulon bukan hanya sekedar menikmati panorama alamnya saja, Ujung Kulon lengkap dengan sejarah, satwa-satwa hutan hujan tropis, dan ribuan jenis tumbuhan.
UNESCO telah menjadikan Ujung Kulon sebagai warisan dunia sejak tahun 1882.


Bagi anda yang hendak berkunjung ke Ujung Kulon sebaiknya tanamkan rasa peduli terhadap kelestarian alam yang masih Asli dan alami ini. Hal yang Paling bijak adalah dengan tidak membuang sampah apapun sembarangan apalagi di laut, tidak enginjak atau merusak terumbu karang, tidak memberi makan satwa yang anda temui karena akan merusak habitat dan isnting mereka, dan jangan megambil apapun selain gambar (foto).
Langkah tersebut akan sangat membantu agar alam tetap terjaga kelesariannya sehingga kelak generasi yang akan datang tetap bisa mnikmatinya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Copyright © 2015 Wisata Ujung Kulon - Taman Nasional Ujung Kulon All Right Reserved