Tips dan Panduan Berwisata Ke Ujung Kulon

Sabtu, 04 Februari 2017

Tips dan Panduan Berwisata Ke Ujung Kulon

Suatu kebanggaan bukan jika kita bisa merasakan berada dilokasi yang menjadi warisan dunia sejak tahun 1992 dan masih terjaga keasliannya sampai dengan saat ini?

Menyaksikan pemandangan satwa asli Ujung Kulon berkeliaran bebas dipadang savana, bersampan mengarungi sungai yang dibentengi oleh hutan hujan tropis di sisi-sisinya, dan snorkeling menikmati pesona alam bawah laut dengan ditemani berbagai jenis ikan karangnya. Dan kabar baiknya tidak terlalu jauh dari Ibu kota.

Sebelum anda berkemas dan berangkat sebaiknya baca dahulu tips berwisata di Ujung Kulon dibawah ini biar gak salah lokasi, salah kostum dan gak bawa barang-barang berlebihan yang akhirnya gak kepakai.

#1. Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon


Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon berada di Jalan Taman Nasional Ujung Kulon Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten.

Jalur terbaik dari Jakarta Pusat bisa ditempuh melalui jalan TOL Jakarta-Merak/Jakarta Tangerang - Keluar di Serang Timur - Jalan Pandeglang - Labuan - Sumur dengan menggunakan mobil, dengan jarak tempuh 228KM.
Bisa juga melalui Jalur Serang barat - Anyer - Carita - Labuan - Sumur, namun jalur ini jarang digunakan karena lebih jauh ddan sering kali terhambat oleh kemacetan.

Jika memilih pemberhentian di Desa Taman Jaya anda hanya melajutkan perjalanan sekitar 19KM, jika kondisi jalan baik hanya butuh waktu kurang dari 1 jam saja, kondisi jalan 70% baik dan sayangnya 30% dalam keadaan rusak.


"Dari Jakarta perjalanan ditempuh dalam waktu normal 5-6 jam saja dengan kecepatan standar."

#2 Waktu yang paling tepat berwisata Ke Ujung Kulon


Kondisi alam terbaik di Ujung Kulon biasanya dari Bulan April s/d Juli dan November, Desember. pada bulan-bulan tersebut kondisi cuaca cerah, dan gelombang laut sangat kecil, pada beberapa lokasi kondisi lautnya sangat tenang hingga goyangan kapal tidak terasa seperti dikolam renang.
Pagi hari sebelum matahari terbit adalah waktu yang paling tepat untuk berlabuh dengan kapal karena udara paginya sangat segar dan sinar orange matahari terbit akan menemani selama berlabuh.


#3 Siapkan uang yang cukup

Dilokasi wisata tidak terdapat mesin ATM, jika anda lupa membawa uang cash anda bisa mengambil uang di mesin ATM ketika menjumpai diperjalanan dan lokasi mesin ATM terakhir ada di desa Sumur. Selain mesin ATM, desa Sumur juga terdapat pasar, rumah makan, dan mini market.

Untuk keperluan makan anda selama berwisata akan diolah, dimasak dan dimakan diatas kapal, jadi pastikan anda sudah memesan menu apa saja yang akan anda konsumsi selama berwisata kepada operator sebelum anda datang atau anda bisa berbelanja sendiri dipasar sebelum berangkat berlabuh.
Satu-satunya lokasi wisata yang terdapat resto hanya di pulau Peucang sayangnya tidak banyak menu yang tersedia dan harganya lumayan mahal.

Sebelum berangkat berlabuh dengan kapal Wisata yang memiliki daya tampung sebanyak 25 orang dilengkapi pelampung, WC darurat, tempat memasak, anda harus melapor ke Kantor Perwakilan Dinas Perhutani sebagai tamu sekaligus membayar biaya retribusi dan asuransi sebesar Rp.8.500,- dengan diberikan tiket sebagai bukti anda telah mendapat izin berkunjung.


#4 Perlengkapan penting yang wajib dibawa


Baju ganti sesuai kebutuhan anda dan berapa hari anda berwisata.
perlengkapan lain seperti topi jika butuh, kaca mata untuk menlindungi mata dari sinar matahari, alat snorkeling jika ada karena menyewa perlengkapan snorkeling terbilang mahal sebesar Rp.45.000,-/selama berwisata, dan yang terakhir camera DLSR, camera underwater (jika ada), atau camera handphone karena benda terakhir ini tidak kalah penting dari pakaian untuk kebutuhan anda mengabadikan momen terindah ini.

Pastikan anda memiliki cadangan baterai atau membawa powerbank karna tidak ada habisnya keindahan alam Ujung Kulon yang ingin anda abadikan.


#5 Tubuh yang prima


Apa artinya berwisata jika anda dalam kondisi tidak fit, jangankan untuk melakukan semua aktivitas selama berwisata, untuk sarapan pun mungkin anda sudah tidak bernafsu.
Jadi sebaiknya satu atau dua minggu sebelum keberangkatan anda benar-benar menjaga kesehatan anda agar pada saat berangkat anda dalam kondisi yang prima.

Jangan lupa membawa obat pribadi jika memang anda penderita yang tiba-tiba membutuhkan obat tersebut.
Biasanya orang yang tidak pernah atau jarang melakukan perjalanan laut sering terjadi mabuk laut, hal tersebut bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi obat anti mabuk sebelum berangkat berlabuh atau bisa dengan memankan buah jeruk untuk mengurangi rasa mual.


Pengalaman anda selama berwisata mungkin saja dapat menginspirasi keluarga, kerabat anda atau orang lain untuk merasakan hal yang sama yang anda rasakan.

"Berbagi informasi dan pengalaman seru adalah hal yang paling mudah dan menyenangkan yang bisa kita berikan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun."

Selamat berwisata...

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Copyright © 2015 Wisata Ujung Kulon - Taman Nasional Ujung Kulon All Right Reserved