Tempat favorit di Ujung Kulon

Jumat, 24 Februari 2017

Tempat favorit di Ujung Kulon

Mau tau mengapa destinasi dibawah ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Ujung Kulon.

Berikut ini adalah lokasi dan keunggulan yang menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Ujung Kulon.

Pulau Peucang



pulau peucang

Pulau ini menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Ujung Kulon karena memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang luas, pemandangan yang indah, flora dan fauna yang mudah ditemui, dan lengkap dengan fasilitas seperti Pusat Informasi, Penginapan, dan kantin.

Banyak kegiatan yang bisa anda dan teman-teman lakukan dipulau ini mulai dari;
explore pulau dengan trecking sepanjang 3km menyusuri sejuknya hutan hujan tropis, melihat satwa liar yang berkeliaran didalamnya dan berakhir di spot karang copong.

karang copong

Seperti namanya karang copong merupakan bongkahan karang yang berlubang dibagian tengahnya, dilokasi ini biasanya wisatawan menikmati pemandangan hamparan laut luas dan berfoto ria. Sebenarnya disini juga salah satu tempat yang asik untuk menikmati terbenamnya matahari.

Selain itu pulau ini memiliki beberapa spot snorkeling yang wajib anda coba. Salah satunya tidak jauh dari bibir pantai pulau ini, jadi anda bisa menikmatinya walaupun tanpa harus menggunakan kapal.
Karena air lautnya cukup jernih anda juga bisa melihat ikan-ikan yang berkeliaran dibawah dermaganya sambil bersantai bersama rekan perjalanan anda.


Padang Rumput Cidaon



padang savana cidaon

Namanya wisata alam liar akan kurang jika belum melihat kehidupan Satwa liar secara langsung, Padang rumput Cidaon berlokasi tidak jauh dari Pulau Peucang, hanya butuh waktu 10-15 menit menyeberang dengan kapal.

Sekitar 100 meter dari dermaga anda sudah bisa berada di padang savana dimana tempat ini menjadi berkumpulnya satwa asli Ujung Kulon yang berkeliaran bebas.
Terdapat sebuah menara untuk memonitor kegiatan satwa agar mereka tidak terganggu dengan kehadiran anda disana.
Satwa yang sering terlihat dipadang savana ini adalah banteng jawa, merak hijau, babi hutan dan masih banyak lagi, nah jika beruntung anda bisa melihat badak bercula satu asli satwa endemik Ujung Kulon. Namun jangan terlalu berharap banyak untuk bisa melihat satwa yang satu ini, selain sifatnya yang pemalu populasinya pun sudah sangat sedikit jadi sangat sulit untuk bisa melihatnya.
Waktu terbaik untuk datang kelokasi ini adalah pagi dan sore hari.


Pulau Panaitan



panaitan ujung kulon

Pulau berbukit yang salah satu bukit terbesar dikenal sebagai Gunung Raksa menyimpan sejarah peradaban Hindu pada jaman dahulu kala yang ditandai ditemukannya arca Ganesa dan Shiwa.

Diselimuti hutan hujan tropis hampir keseluruhan pulau ini dihuni beraga jenis satwa liar, air terjun, sungai dan muara, dibeberapa sebelah barat pulau ini juga terdapat karang berjajar yang menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset.

Pulau ini lebih dikenal oleh pecinta surving diseluruh dunia, karena memiliki ombak yang cukup menantang bagi para peselancar Profesional. Tidak disarankan bagi pemula untuk surving ditempat ini karena sangat berbahaya.

Pantainya pun tidak kalah indah dengan Pulau Peucang, air laut yang jernih dan berwarna hijau tosca sangat menghipnotis untuk segera berenang didalamnya, apalagi untuk mendokumentasikan. Sayangnya sangat jarang operator wisata yang mengajak wisatawannya kesini dikarenakan butuh waktu 30 menit dari Pulau Peucang.

Jangan khawatir kalau anda suka kegiatan diving dan sudah profesional Panaitan menyediakan spot menyelam yang beragam lengkap dengan ribuan jenis terumbu karang yang akan memanjakan mata anda.


Pulau Handeleum



handeleum ujung kulon

Pulau Handeleum juga tidak kalah mempesonanya dengan Pulau-pulau lain, Pulau karang terbesar di Ujung Kulon ini juga menjadi lokasi menginap bagi wisatawan yang tidak mendapat penginapan di Pulau Peucang, dan asiknya dipulau ini anda boleh untuk mendirikan tenda jika anda ingin menghemat biaya.

Walaupun dipulau ini tidak memiliki spot snorkeling, tapi memiliki beberapa sungai panjang yang dibentengi oleh pepohonan tropis dan satwa-satwa liar lainnya.

Anda akan ditemani oleh ranger mengarungi sungai dari hilir menuju hulu dengan menggunakan sampan yang bisa menampung 5 orang. Sambil mendayung disungai yang berarus tenang ditemani pemandangan alam dan suara kicauan burung-burung, terkadang anda juga bisa melihat buaya muara yang melintas atau mencari makan.
Sungguh pemandangan yang sangat jarang ditemui, dengan lokasi yang hanya butuh waktu 6 jam dari jakarta anda sudah mendapatkan suasana alam seperti di sungai Amazon.


Pulau Badul



pulau badul

Destinasi berikutnya yang jangan sampai anda lewatkan adalah Pulau Badul yang hanya 2km jika kita kelilingi. Karena pulau ini sangat kecil dan tidak ditumbuhi oleh pepohonan besar namun memiliki pasir putih halus. Wisatawan selalu menyempatkan diri untuk bermain dan berfoto.
Tidak hanya itu, siapkan alat snorkeling anda dan mulailah melihat kedalam lautnya, wooow pesona terumbu karang yang eksotis dan keragaman ikan-ikannya benar-benar memanjakan mata yang melihatnya.
Yang menariknya lagi bukan hanya terumbu karang dan ikan-ikan saja yang bisa anda temui, namun ada sebuah patung badak yang sengaja ditaruh oleh pihak Taman Nasional sebagai ikon dari Taman Nasional Ujung Kulon. Jangan sampai lupa untuk berfoto dengan patung badak ini.

Tunggu apalagi buruan deh atur waktu dan ajak teman-teman ke Ujung Kulon. Karena semakin banyak teman yang ikut, semakin murah biaya yang harus dikeluarkan.

Dua hari yang akan menambah pengalaman anda, dan menjadi
kenangan indah bersama rekan seperjalanan untuk dibagikan kepada orang terdekat anda.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Copyright © 2015 Wisata Ujung Kulon - Taman Nasional Ujung Kulon All Right Reserved