Mengenal Istilah Snorkeling, Free diving dan SCUBA diving

Kamis, 15 Juni 2017

Mengenal Istilah Snorkeling, Free diving dan SCUBA diving

Snorkeling, Free diving, dan scuba diving




Saat ini kegiatan snorkeling, free diving dan SCUBA diving sedang marak digandrungi oleh anak-anak muda di Indonesia dan kian marak hingga menjadi trend bagi beberapa kalangan.
Hampir 2/3 wilayah Negara Republik Indonesia adalah lautan, ribuan jenis terumbu karang, Ikan, biota laut dan plankton menempati dunia bawah laut Indonesia

Memang Indonesia sangat terkenal dengan dunia bawah lautnya seperti Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat, dan Lombok, dan lainnya. Untuk Bunaken dan wakatobi sendiri nama keduanya sudah sangat terkenal seantero dunia tentang keindahan bawah lautnya.
70% wisatawan asing yang datang ke Indonesia bertujuan untuk menikmati pantai dan keindahan lautnya setelah itu baru merembet ke budaya dan keasrian daerah tersebut.

Tidak berbeda dengan wisatawan asing, wisatawan lokal kini sudah banyak yang meminati wisata pantai dan bawah laut, bisa dideteksi dengan maraknya tour operator yang menjual paket wisata keindahan bawah laut diseluruh Indonesia, dan selalu penuh dengan peminat tiap tahunnya.
Salah satu lokasi yang kece buat kegiatan snorkeling dan freediving ada di kawasan kepulauan seribu yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta.
Ada banyak pulau dikawasan pulau seribu, namun hanya ada beberapa pulau yang memiliki taman bawah laut yang tergolong indah seperti Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau harapan.

Buat kamu-kamu ketika berwisata di pantai dan laut yang memiliki terumbu karang indah didalamnya pastikan kamu benar-benar menikmatinya dengan kegiatan snorkeling biar gak cuma menikmati dari atas kapal.
Mengenal kata Snorkeling, Free diving dan Scuba diving dan perbedaannya biar gak kurang update, hehehe
Ketiga kata tersebut memang sama-sama aktivitas untuk menikmati alam bawah laut namun berbeda dalam pelaksana, teknik dan alat yang digunakan, berikut saya jabarkan perbedaan diantara ketiganya sebagai berikut:

1. Snorkeling




Snorkeling adalah aktifitas untuk menikmati keindahan bawah laut dari permukaan dengan menggunakan alat masker, snorkel untuk bernapas dan sepatu katak (fin), dan bagi yang tidak bisa berenang bisa menggunaka alat tambahan seperti pelampung.
Snorkeling dilakukan di laut yang dangkal dan pada siang hari karena untuk bisa melihat dengan jelas perlu pancaran sinar matahari untuk menerangi dan jarak yang tidak terlalu dalam.

2. Free diving




Sebetulnya alat yang digunakan tidak ada perbedaan dengan snorkeling, hanya saja aktifitas free diving lebih ke arah challenge (tantangan) terhadap kemampuan diri.

Free diving adalah melakukan aktivitas menyelam kekedalaman air tanpa bantuan alat pernapasan, jadi hanya menggunakan kemampuan menahan napas. Hal ini yang menjadi challenge bagi diri kita untuk bisa berbuat lebih.

Beberapa orang penyelam bebas mampu menahan nafasnya selama 3-5 menit

3. Scuba diving




Scuba (self Contained Underwater Breathing Apparatus), adalah alat yang dibawa dan digunaka oleh penyelam untuk bantu pernapasan dengan tabung udara sehingga penyelam lebih bebas melakukan aktifitas didalam air lebih lama karena adanya tambahan asupan oksigen.

Untuk kegiatan yang satu ini tidak semua orang bisa melakukannya, harus melalui beberapa proses tes untuk mendapatkan sertifikat bahwa kamu layak untuk melakukan scuba diving.
Peralatan yang digunakan sangat lengkap, dari mulai masker, baju menyelam, tabung untuk alat bantu pernapasan didalam air, sepatu katak (fin).
Aktivitas Scuba diving juga bukan hanya untuk menikmati keindaha bawah laut saja, namun juga sangat bermanfaat untuk penelitian dan riset.

Udah tau kan perbedaan dari ketiganya, jadi kamu juga bisa tau dan gunakan ketiganya di waktu dan tempat yang tepat.
Kadang buat kamu yang sudah terbiasa melakukan free diving sering menggabungkan dengan aktifits snorkeling sebagai relaksasi.
Intinya untuk melakukan aktifitas di dalam air kuncinya adalah ketenangan fikiran dan tubuh, sehingga kita bisa dengan mudah mengontrol tubuh.
Selamat mencoba…

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Copyright © 2015 Wisata Ujung Kulon - Taman Nasional Ujung Kulon All Right Reserved