Sungai Amazon di Ujung Kulon

Selasa, 15 Agustus 2017

Sungai Amazon di Ujung Kulon

Sungai Cigenter/Cigenter River

sungai cigenter ujung kulon

Menjadi salah satu sungai di pulau Handeleum yang menjadi destinasi wajib dikunjungi oleh para pengunjung yang datang ke Taman Nasional Ujung Kulon.

Sungai ini juga menjadi salah satu jalur utama bagi para petugas Taman Nasional Ujung Kulon menuju kedalam hutan seluas +- 220Ha untuk memonitoring keberadaan Badak bercula satu.

Memiliki kedalaman rata-rata 6-8 meter dengan arus tenang dan warna air yang hijau karenan lumut dan faktor alam, disetiap sisi sungai berlumpur sama dengan beberapa sungai lainnya hanya saja sungai ini ditumbuhi pepohonan bakau disetiap sisinya. Suasana hutan hujan tropis sangat terasa ketika kita mengarungi sungai dengan sampan atau Jukung sebutan bagi penduduk lokal, pasalnya disepanjang pengarungan dengan sampan kita bisa melihat berbagai macam satwa penghuni hutan Ujung Kulon.

Para penghuni

Ular phyton yang habitatnya berada di kawasan hutan hujan tropis dapat kita lihat dengan jelas melilit diatas dahan pepohonan ketika wisatawan melintasi sungai, bukan hanya ular phyton tapi beberapa kera juga bisa kita jumpai sedang mengintip dari balik pepohonan, Buaya muara juga terkadang bisa kita lihat berada di sisi sungai atau sedang menunggu makanannya melintas di dalam sungai.
Jejak badak akan sering kita lihat disisi sungai, jika sangat beruntung kita bisa melihat badak yang mencari makan disisi sungai.

sungai cigenter handeleum

Sungai panjang yang dikelilingi hutan lebat dan di huni oleh berbagai macam satwa liar didalamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang baru pertama kali datang dan bersampan disungai ini.
Rasa takut, penasaran dan takjub dengan suasana alamnya bergabung menjadi satu ketika melintasi sungai dengan menggunakan sampan, tiap ayunan dayung yang kita gerakan untuk masuk lebih jauh kedalam menjadi pertanyaan apa yang akan kita jumpai didepan nanti.
hal inilah yang membuat para wisatawan menyebut sungai ini dengan sungai amazonnya Indonesia.

beberapa pengunjung yang pernah datang dan mengarungi sungai ini tidak pernah bisa mencapai hulu sungai dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh dan keterbatasan waktu untuk melakukan aktivitas yang lain.
Jika memang ada yang ingin mencoba susur sungai Cigenter ini dibutuhkan waktu 1 hari penuh untuk bisa sampai di hulu sungai.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Copyright © 2015 Wisata Ujung Kulon - Taman Nasional Ujung Kulon All Right Reserved